Resensi Buku "BENARKAH SOEHARTO MEMBUNUH SOEKARNO"

RESENSI BUKU
Hasil gambar untuk buku benarkah soeharto membunuh soekarno
  • Judul Buku : BENARKAH SOEHARTO MEMBUNUH SOEKARNO?
  • Pengarang : Nurul Huda M.
  • Penerbit: PT. STARBOOKS
  • Tahun Terbit : Starbooks,2010
  • Halaman : 121 Halaman
        Buku ini banyak memberikan pengetahuan sejarah mengenai perkembangan keutuhan NKRI . Dan buku ini berisi seuah cerita dokumentar sesuatu yang terjadi di masa itu dan dirangkum secara baik dan menarik. Hanya saja buku ini minim foto dokumentasi saat peristiwa tersebut terjadi. Dan mungkin itu penyebab minat pembaca menjadi berkurang, tetapi untuk keseluruhan isi dan urutan peristiwa buku ini telah membuat pembaca tertarik untuk membaca hingga selesai.

         Pada awal mula peristiwa ini, diawali dengan adanya Malam Jahanam yaitu adanya isu bahwa Angkatan Darat akan mengambil alih kekuasaan ketika Soekarno jatuh sakit. Setelah isu itu \menyebar dan sampai pada PKI, PKI langsung bertindak dengan merancang seubuah gerakan revolusioner untuk memberantas "Dewan Jendral" yang disangka akan mengambil alih negara saat Soekarno mulai lemah. PKI langsung merancang rencana dan mengambil pasukan utama dari Cakra Birawa. Dan pada 1 Oktober 1965 ,PKI melancarkan pembantaian pada Dewan Jendral ,namun sialnya A.H. Nasution dapat meloloskan diri dan semua itu awal dari gagalnya rencana PKI.

       Ketika suasana riuh, Soeharto mengambil alih Pimpinan AD karena Jendral Ahmad Yani ternyata menjadi salah satu korban dari pembantaian oleh PKI. Ketika itu, keadaan istana sangat tidak sehat, dan seperti hancur lebur karena kondisi sangat tidak stabil. Soeharto yang muncul bak Pahlawan untuk memberantas PKI,namun Soekarno tak setuju jika PKI akan ditumpas,karena akan merusak citra dia yang menjunjung NASAKOM. Dan pada akhirnya Soeharto dapat menangkap dan menumpas PKI.

       Setelah itu, untuk memudahkan Soeharto melancarkan sebuah rencana itu, Soekarno seperti terpaksa mengeluarkan Super Semar yang membuat awal dari runtuhnya kekuasaan Soekarno. Super Semar adalah surat perintah khusus yang dikeluarkan Presiden untuk Soeharto demi menjaga keutuhan NKRI. Namun , setelah itu , di dalam sdang MPR Soekarno resmi diturunkan dan diangkatlah Soeharto sebagai Presiden baru. 

         Ini adalah awal dari kematian Soekarno yang seperti telah direncakan Soeharto, dan ini seperti rencana penggulingan kekuasaan secara merangkak oleh Soeharto dengan memanfaatkan keadaan saa itu. Soekarno semakin terbengkalai dan tidak diurus di wisma. Soekarno selalu dintrogasi ole petugas tentang tuduhan PKI pada dirinya. Hingga akhirnya Soekarno memasuki masa kritis, dan dia sama sekali tidak ditengok oleh Soeharto. Dan pada tanggal 21 Juni 1970 , Soekarno dinyatakan meninggal dunia. Dan wasiat terakhir dari Soekarno yang masih ada hingga sekarang yaitu kata kata tentang JAS MERAH , yaitu jangan sekali sekalli melupakan Sejarah.


Tokoh yang ada dalam peristiwa tersebut yaitu, Soekarno, Keluarga Soekarno, Soeharto, Para Jendral, dan tokoh PKI.

      Buku ini sengaja dirancang untuk memudahkan kita untuk memahami sejarah. Karena sejarah ini sangat penting demi menjaga keutuhan NKRI. Isi dan runtutan peristiwa disusun berdasarkan fakta yang ada dan sangat menarik . Dan membuat rasa nasionalsme kita meningkat ketika mendengar ada ideologi yang menentang PANCASILA.











Komentar